Ragam Manfaat Seledri

Posted by on Jan 13, 2016 in Artikel | 0 comments

Seledri merupakan jenis sayuran beraroma wangi, berwarna hijau dan sering dijadikan hiasan hidangan untuk membangkitkan selera makan.
Tidak banyak yang menyadari, bahwa seledri selain wangi juga mengandung banyak gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan di dalamnya yaitu potasium, asam folat, vitamin C, vitamin A karoten, serat dan kandungan gizi lainnya.

Kita bisa mengambil manfaat seledri dengan cara yang tepat. Jika kita hanya mengosumsi seledri sebagai bumbu saja, tentu khasiat yang kita peroleh hanya sedikit dibandingkan jika kita memakan seledri seperti kita makan sayuran lainnya. Dan yang harus diketahui, khasiat seledri justru terdapat pada batangnya bukan di daun.

Manfaat seledri yang bisa kita dapatkan yaitu mampu menurunkan tekanan darah. Namun bukan berarti seledri bisa digunakan untuk mengobati penyakit hipertensi. Seledri fungsinya untuk mencegah agar tekanan darah tidak meningkat.

Selain berpengaruh pada tekanan darah, manfaat seledri yang lainnya yaitu untuk mengobati alergi. Sebenarnya hal ini belum diteliti secara khusus. Namun kandungan vitamin A dan vitamin C di dalamnya dapat meningkatkan imunitas dan mencegah dari berbagai macam alergi.

Khasiat seledri yang lain, seledri berguna untuk mencegah penyusutan daya ingat. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Illinois mengatakan, jika peradangan otak dapat menyebabkan daya ingat menyusut. Namun, dengan kandungan luteolin dalam seledri, dapat menghambat pelepasan molekul  yang menyebabkan peradangan pada otak. Hal ini juga dimungkinkan karena kandungan asam folat dalam seledri. Asam folat sendiri telah terbukti mampu mencegah lambatnya penurunan daya ingat.

Untuk mendapatkan manfaat dari seledri, kita pun harus benar dan tepat mengosumsi seledrinya. Salah satunya dengan cara mengosumsi seledri dengan cara dilalap. Jika kita mengosumsi sebagai bumbu, maka kita hanya akan mendapat wanginya saja. Dan lebih baik, jika kita juga memakan tangkai seledri, karena di tangkainya tersimpan lebih banyak zat gizi.

Cara cermat lain untuk mengosumsi seledri yaitu dengan membuat seledri menjadi jus. Tapi, menurut Prof Hardinsyah, saat membuat jus, jangan menggunakan saringan, karena seratnya nanti akan tertinggal di saringan dan kita tidak bisa mengambil manfaat seratnya.

Kita juga bisa membuat jus seledri dan mencampurkannya dengan buah-buahan yang kita suka. Jadi manfaat seledri dan buah yang kita buat jus, bisa kita peroleh.

Ragam Manfaat Seledri

Leave a Reply