Pemberian ASI Eksklusif

Posted by on Jan 18, 2016 in Tips | 0 comments

ASI merupakan minuman terbaik untuk bayi yang baru lahir hingga bayi berusia 6 bulan. ASI sangat baik karena mengandung enzim yang membantu pencernaan, hormon dan antibakteri seperti lisozim, peroksidase dan katalase. Selain itu ASI juga mengandung imunoglobin yang merupakan sumber utama pertahanan tubuh dalam melawan infeksi.

ASI sangat mudah dicerna oleh tubuh. Badan internasional, UNICEF dan WHO menyarankan agar ibu memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan pada bayinya dan memberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang diberikan pada bayi setelah umur 6 bulan. Sedangkan pemberian ASI tetap diberikan hingga anak berusia 2 tahun.

Yang dimaksud ASI Eksklusif adalah pemberian ASI tanpa tambahan makanan atau minuman lainnya, seperti air putih, jus atau susu formula. Bagaimana dengan vitamin dan obat-obatan lainnya? Ternyata pemberian vitamin dan obat-obatan masih diperbolehkan untuk diberikan.

Pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama tanpa tambahan makanan dan minuman lain, cukup untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Sedangkan pemberian makanan sebelum usia bayi mencapai 6 bulan, ternyata tidak mempercepat tumbuh kembang anak. Malah akan menimbulkan resiko terkena alergi. Alergi dapat terjadi karena kandungan alergen dalam makanan atau kontaminasi serta tingkat kebersihan makanan tersebut.

Yang penting untuk diperhatikan, bila anak diberi makanan atau minuman sebelum usia 6 bulan, maka dikhawatirkan frekuensi menyusunya akan berkurang. Karena bayi sudah kenyang dengan makanan pengganti ASI. Terkadang kondisi ini dapat menyebabkan gangguan gizi pada bayi, karena belum tentu zat kandungan dalam makanan pengganti itu baik bagi bayi.

Lalu, bagaimana tanda-tanda bayi yang kekurangan asupan ASI? Tanda yang dapat terlihat antara lain, berat badan bayi terasa lambat, yaitu kurang dari 500 gram dalam 1 bulan. Selain itu, bayi melakukan aktivitas buang air kecilnya kurang dari 6 kali dalam 1 hari, berwarna kuning dan berbau tajam.

Berdasarkan berbagai dampaknya, alangkah lebih baik jika setelah 6 bulan pertama, ASI tetap diberikan pada anak hingga berusia 2 tahun atau lebih. Sebab, ASI mengandung banyak manfaat bagi bayi terutama untuk sistem kekebalan tubuh dan perkembangan organ-organ anak.

Pemberian ASI Eksklusif

Leave a Reply