Kenali Penyebab Obesitas

Posted by on Jan 15, 2016 in Berat Badan Ideal | 0 comments

Obesitas adalah keadaan penumpukan lemak yang berlebihan di bawah kulit atau jaringan lainnya di dalam tubuh. Penyebab obesitas terjadi, karena jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh (akibat terlalu banyak makan) lebih besar daripada jumlah kalori yang dikeluarkan oleh tubuh. Kalori yang dikeluarkan tubuh kecil karena  kurangnya aktivitas fisik dalam kegiatan sehari-hari.

Kita perlu mengetahui apa sebenarnya  penyebab obesitas pada anak, penyebabnya antara lain:

  • Anak yang masih kecil, tidak mendapatkan cukup ASI. Pemberian ASI eksklusif dan pemberiannya dalam jangka waktu yang lama dapat mencegah terjadinya obesitas atau berat badan.
  • Sering mengosumsi makanan cepat saji dan soft drink yang mengandung lemak dan gula yang tinggi.
  • Resiko anak mengalami obesitas lebih tinggi apabila orang tuanya obesitas.
  • Kurang gerak atau beraktivitas dapat membuat anak mengalami obesitas. Anak kurang beraktivitas fisik dan hanya duduk-duduk main game saja.

Lalu, apa saja gejala atau tanda obesitas pada anak, yang dapat kita ketahui ? Gejala obesitas pada anak yaitu perutnya gendut, muka tampak bulat, sering mendengkur saat tidur, terdapat banyak lipatan pada pundaknya dan gejala lainnya.

Obesitas dapat dicegah, yaitu dengan pemberian ASI eksklusif ketika masih bayi. ASI eksklusif ini diberikan pada anak 6 bulan sampai  anak berusia 2 tahun. Anak yang mendapat ASI cukup lama, memiliki resiko obesitas yang lebih rendah daripada anak yang tidak mendapatkan ASI.

Salah satu penyebab obesitas adalah penerapan pola makan yang salah. Oleh karena itu, terapkan pola makan yang sehat, membatasi minuman yang tinggi lemak dan tinggi gula serta mengosumsi makanan yang sehat. Kita juga dapat mencegah obesitas dengan memperbanyak aktivitas fisik dan membatasi kegiatan yang berjam-jam seperti nonton TV dan main game.

Obesitas dapat mengakibatkan terjangkitnya beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, penyakit diabetes mellitus, gangguan pernapasan, lebih beresiko terkena GERD, meningkatkan resiko kanker, meningkatkan resiko stroke dan tekanan darah tinggi. Selain itu, obesitas dapat menyebabkan gangguan perkembangan tulang kaki dan tangan, meningkatkan resiko terkena alergi dan mengalami penurunan efek  psikologis. Biasakan hidup lebih sehat lagi dengan mengosumsi makanan sehat.

Kenali Penyebab Obesitas

Leave a Reply