Fungsi Zat-zat Makanan

Posted by on Jan 7, 2016 in Artikel | 0 comments

Tubuh manusia, selain membutuhkan oksigen juga membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Bahan makanan itu ada yang berasal dari hewan dan berasal dari tumbuhan. Tiap makanan ini mengandung lebih dari satu zat-zat makanan. Zat makanan yang sering kita ketahui ada enam macam, yaitu protein, hidrat arang, lemak, air, garam-garaman dan vitamin.

Agar kita memperoleh  manfaat yang besar dari makanan yang kita kosumsi, maka seharusnya makanan yang kita kosumsi harus mengandung 6 zat-zat makanan tersebut dengan seimbang. Apabila tidak seimbang, maka dapat menimbulkan kelainan yang disebut gangguan gizi.

Ada 3 golongan berdasarkan fungsi zat-zat makanan, yaitu :

Zat Pembangun

Fungsinya untuk membentuk jaringan baru selama pertumbuhan dan untuk mengganti jaringan yang rusak. Yang termasuk zat pembangun yaitu protein, air dan garam. Protein berguna untuk membentuk jaringan baru serta memelihara jaringan pertumbuhan. Selain itu, juga sebagai sumber zat tenaga apabila tidak ada persediaan hidrat arang dan lemak.  Sumber protein terdapat pada daging, ikan, udang, teri, telur, ayam dan lainnya. Yang berasal dari tumbuhan yaitu tempe, tahu, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Zat Tenaga

Berfungsi untuk pembakaran dalam tubuh, sehingga menghasilkan panas yang diubah menjadi energi atau tenaga. Zat makanan yang termasuk golongan ini adalah lemak dan hidrat arang. Sumber lemak yaitu kelapa. minyak kelapa, minyak kacang, mentega, daging berlemak, kacang tanah dan lain sebagainya. Sedangkan sumber hidrat arang yaitu : beras, jagung, singkong, ubi, talas, kentang dan lain sebagainya.

Zat Pengatur

Fungsi zat-zat makanan berikutnya sebagai pengatur lancarnya sistem kerja organ tubuh serta melindungi tubuh dari macam-macam penyakit. Yang termasuk golongan zat pengatur adalah vitamin dan garam-garaman. Tubuh sangat membutuhkan vitamin. Vitamin tidak dapat dibentuk oleh tubuh, oleh karena itu makanan yang mengandung vitamin harus kita kosumsi.  Vitamin dibagi atas 2 golongan yaitu yang larut dalam air dan yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin C dan vitamin B complek yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3 dan B12. Sedangkan vitamin yang larut lemak misalnya, vitamin A, D, E dan K.

Setelah mengetahui fungsi zat-zat makanan tersebut, kita harus bisa mengatur komposisi makanan yang diperlukan untuk tubuh dengan seimbang.

Fungsi Zat-zat Makanan

Leave a Reply